Sunday, October 27, 2013

Cucak Ijo

Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Cucak ijo merupakan salah satu burung kicau yang cukup banyak diminati kicau mania. Burung ini memiliki banyak variasi suara dan memiliki harga untuk burung bakalan yang relatif stabil.
Untuk membedakan cucak ijo dewasa jantan dan betina dapat dilihat dari warna leher, leher cucak ijo jantan berwarna hitam sedangkan yang betina berwarna putih kehijauan. Seperti Gambar dibawah ini adalah ciri cucak ijo jantan dan betina dewasa.



Ciri seperti gambar di atas dapat kita lihat pada burung cucak ijo dewasa, namun pada cucak ijo muda yang masih berumur dibawah 4 bulan memiliki warna leher yang sama (berwarna kuning). Untuk membedakan cucak ijo muda hanya dapat dilihat pada lingkaran mata. Cucak ijo jantan yang masih muda memiliki lingkaran mata yang berwarna kuning sedangkan yang betina berwarna putih.
Setelah burung berumur di atas 4-6 bulan, maka betina akan berwarna kuning di bagian leher, kemudian akan berubah menjadi warna putih kehijauan. Sedangkan jantan, warna kuningnya akan dipenuhi trotol-trotol hitam. Pada dua bulan berikutnya, warna hitam itu akan tampak lebih jelas pada bagian leher/bawah paruh. Seiring dengan bertambnya umur, warnua hitam di leher bawah, akan terus menutup sampai di bawah matanya.


No comments:

Post a Comment